Kamis, 19 Mei 2016

Jenis-jenis Hijabers

Apa yang terpikir oleh kamu ketika mendengar kata hijaber? Pemakai hijab, sebut saja salah satunya begitu. Dulu, saya mah familiar dengan kata jilbaber, sebutan untuk orang yang pakai jilbab gede. Nah, kata hijaber baru terdengar oleh saya atau bahkan kamu pada akhir tahun 2010an ya? Lebih tepatnya ketika suatu komunitas membentuknya dengan nama HC (Hijabers Community). Ok, saya langsung saja mau ngebagi-bagi jenis hijabers menurut versi saya dengan pelaku-pelakunya yang menurut saya memang di situlah mereka harusnya berada di jenis hijaber yang akan saya rentetetin satu-satu. Oya feel free buat nambahin pelakunya atau mau ngubah pelakunya di jenis yang ini bukan yang itu. Atau... versi hijabers menurut kalian berbeda dengan saya? Boleh, dan tema tulisan ini bisa juga lho disontek oleh kamu.

1. Hijaber Komunitas 
Kumpulan hijaber yang membentuk suatu komunitas dengan kegiatan yang beraneka-ragam. Dan, versi saya ini ada beberapa komunitas yang saya cantumkan.

Hijabers Community
Nah, ini nih yang tahun 2010 langsung mencuat namanya. Hijabers Community terbentuk pada bulan November 2010 dan berpusat di Jakarta. Terdiri dari 30 muslimah yang berhijab dengan berbagai profesi, kesibukan, dan karakter. Awalnya komunitas ini dikenal dengan style dan fashion hijab yang berbeda dari muslimah lainnya. Berbagai tutorial hijab juga mereka kuasai. Hijabers Community kerap mengadakan fashion event, charity event, pengajian dan acara lainnya.
HC yang tadinya berupa 30 muslimah itu dan konsen memegang peranan masing-masing terpecah dan membentuk anakan komunitasnya berupa HC Jakarta, Bandung, Surabaya, dll. 

Hijabers Mom Community
Saya kurang tahu terbentuknya kapan komunitas ini. Yang jelas Hijabers Mom Community kumpulan hijaber mama. Hijabers Mom Community sama seperti Hijabers Community, mereka sering mengadakan kegiatan. 

Indonesian Hijab Blogger
Perkumpulan hijaber yang suka nulis di blog. Apa pun tema, jenis blognya ngumpul di komunitas ini. Founder IHB (Indonesian Hijab Blogger) ini juga awalnya dari HC entah kenapa orang-orang di HC pada pisah kongsi, hehe. Mungkin karena hobi dan kesukaan yang berbeda-beda ya? Ngg, entahlah.

Syari Lifestyle
Syari Lifestyle, adalah komunitas yang baru dibentuk dan sedang hangat dibicarakan. Nampaknya, kumpulan hijaber syari lifetsyle ini adalah orang-orang yang memakai hijab sesuai syariat dan menjadikannya sebuah lifestyle.

Muslimah Talk
Mereka menyebut dirinya akun sosial dakwah. Dilihat dari akun sosial Muslimah Talk, mereka selalu mengunggah quote-quote motivasi dengan sentuhan dakwah. Quote-nya dapat menyentuh hati dan quote yang penuh motivasi dan inspirasi. Dan nggak heran kalau banyak follower yang sudah mem-follow akun ini.

Hijabographic
Perkumpulan hijaber yang suka dengan kegiatan bikin ilustrasi, bikin  grafik desain, ataupun sesuatu yang artsy. Datang ke akun instagram Hijabographic memanjakan mata banget melihat bentuk seni melalui visual.


2. Hijaber Desainer
Hijaber yang kerjanya menghasilkan karya dengan merancang sebuah baju, dan pastinya sudah ada label bajunya dong. Ini dia list hijaber desainer versi saya, karena banyaknya hijaber desainer di luar list saya, jadi saya hanya mencantumkan beberapa nama saja. Ini dia...

1. Dian Pelangi 
2. Jenahara
3. Ria Miranda
4. Ayu Dyah Andari

3. Hijaber Fashionista
Hijaber fashionista untuk mereka yang selalu tampil modis dan menjadi influence fashion untuk para hijaber. Sampai sekarang pun banyak hijaber yang mengunggah foto fashion style mereka di instagram yang kita kenal dengan sebutan HOOTD (Hijab Outfit Of The Day). Dan ini list hijaber fashionista versi saya:

1. Nazura Gulfira
3. Qonitah al Jundiah

4. Hijaber Kreatif
Hijaber yang ada aja kerjaannya, ada aja idenya, ada aja bikinannya. Hijaber Kreatif terdiri dari berbagai profesi ada youtuber, MUA (Make Up Artist), DG (Design Grafis).

1. Natasha Farani
2. Vindy    

5. Hijaber Model 
Hijaber yang terjun dalam dunia modeling. Yang pasti mereka memiliki bentuk tubuh yang ideal dan berparas menarik. Dan ternyata hijaber model ini juga membuat agency model lho, yang saya tahu namanya adalah Zaura Model. Dan ini dia list hijaber model versi saya, walau di luar list ini juga ada beberapa nama hijaber model yang tidak saya cantumkan.

1. Lulu
2. Indah Nada Puspita
 
6. Hijaber Artis Dakwah
Para hijaber yang terjun dalam dunia akting dan sambil berdakwah. Alhamdulillah, akhirnya ada tontonan syari yang pantas kita tonton di youtube maupun film yang tayang di bioskop. Saya mengambil nama-nama ini dengan alasan mereka adalah idola remaja saat ini. Semoga dengan adanya hijaber artis dakwah ini, semakin baik pula lah tontonan remaja yang harusnya pantas mereka tonton.


1. Rere
2. Rahmi
3. Inez

7. Hijaber Penyanyi
Orang-orang yang terkenal karena bisa nyanyi dan memang suaranya bagus. Saya sengaja mencantumkan nama hijaber penyanyi yang belum begitu terkenal. Kalaupun di list nama yang sudah terkenal pasti jawabannya sudah tahu. Ada Fatin, Sarah, dan Indah.


1. Tiffany Kenanga
2. Ima



8. Hijaber Penulis 
Hijaber yang suka dunia tulis-menulis dan berhasil menerbitkan bukunya. Selain Asma Nadia, Pipit Senja, dan Helvy Tiana Rosa. Ini nama-namanya. 


1. Febrianti Almeera

2. Nadira

9. Hijaber Komikus
Hijaber yang suka gambar dalam bentuk komik disebut hijaber komikus kata saya. Hehe. Kalau kamu pecinta komik. Nama-nama di bawah ini sering mengunggah komik stripnya lho.

1. Miladya
2. Bila


Nah, buat kamu yang ingin nambahin nama hijaber boleh saja, silakan komen di bawah ya ...