Senin, 29 Agustus 2016

Nostalgia bareng mantan penyanyi cilik dalam lagu selamatkan lagu anak


Awalnya saya melihat di IG ex penyanyi cilik yang kini sudah berhijab, Puput Melati meng-upload foto dengan beberapa mantan penyanyi cilik dalam proses pembuatan #savelaguanak. Yang saya tahu, mereka adalah mantan penyanyi cilik era tahun 90an.

Memang dulu, di era tahun 90an lagu anak-anak banyak dan happening banget. Kalau boleh dibilang juga, nggak hanya lagu anak-anak saja yang hitz di era tahun 90an. Ada tayangan film kartun, mainan tradisional, jajanan, dll. Sampai masuk era tahun 2000an (millennium) semua yang saya sebutkan tadi hanya menjadi nostalgia kalangan Gen X dan Y saja. Masih ada sih, tapi sudah sangat langka menjadi kegemaran anak-anak kalangan gen sekarang (baca: Gen Z atau Alpha).

Kalau kalian Gen Y sudah tentu mengenali mantan artis cilik ini dong: Ada Leony, Joshua, Dea Ananda, Eno Lerian, Puput Melati, Tina Toon, Chikita Meidi, Tasya, Bondan Prakoso, dll.
Saya telahir di Gen Y, tumbuh dan berkembang bersama para mantan penyanyi cilik tersebut. Masih ingat dalam ingatan saya waktu Puput Melati masih kecil banget, saya mulai mendendangkan lagu “Si Jago Mogok” dan hafal liriknya sampai sekarang. Puput melati waktu masa kecilnya juga tumbuh dan berkembang di lingkungan yang sama seperti saya, kami satu RT, kebetulan Ayah saya menjadi ketua RT di Perumahan Ciledug Indah. Dan Ayah kenal dekat dengan keluarganya Om Usman bersaudara. Bukan hanya Puput Melati,  saudaranya, Delia juga tumbuh dan berkembang di satu sekolah yang sama dengan saya, SD Islam Al-Hasanah, Ciledug.

Jadi ya gitu, ketika mantan penyanyi cilik era tahun 90an berkumpul dan membuat suatu proyek #savelagu anak, membuat saya bernostalgia kembali bersama mereka. Dari si Jago Mogoknya Puput Melati, Dudi Dudidamnya Eno Lerian, Kutakut Mamahku Marahnya trio kwek-kwek. Dll. Dan juga tiga anak manis – waktu saya perpisahan TK sempat menari di atas panggung dengan lagu soleram –. 

Saya sendiri senang mereka kembali antusias untuk menyelamatkan lagu anak-anak. Setelah mereka mengalami keresahan atas anak kecil yang menyanyi lagu orang dewasa dengan lirik yang tidak sepantasnya dilagukan oleh anak kecil seusianya.
Awalnya tercetus proyek dengan hashtag #savelaguanak ini, diawali dengan acara kembalinya kumpul mantan penyanyi cilik ini dalam sebuah momen buka puasa bersama yang turut hadir: Joshua, Dea Ananda, Leony, Tina Toon, Tasya, Rachel Amanda, Chikita Meidi, dll. Adanya Hashtag #savelaguanak di beberapa viral menuai tanggapan positif yang mendorong mereka akhirnya membuat proyek #savelaguanak dan membuat triggernya dengan judul lagu Selamatkan Lagu Anak

Dalam proyek #savelaguanak berjudul: Selamatkan Lagu Anak, ikut pula terlibat Papa T Bob yang menciptakannya.  Anak tahun 90an seperti apa sih yang tidak mengenali sosok ini. Beliau adalah ikon pencipta lagu anak, menciptakan banyak karya. Papa T Bob tidak sendiri menciptakan lagu Selamatkan Lagu Anak, ada Ariel Nidji sekaligus suami dari ex penyanyi cilik, Dea Ananda. 

Alhamdulillah, Papa T Bob kembali menciptakan lagu anak dan lagu dangdut yang diciptakannya pun tergeser, jangan heran kalau yang nyiptain lagu Klepek-klepek itu Papa T Bob. Hahaha. Kalau saya perhatikan, lirik selamatkan lagu anak ini ada beberapa kalimat yang merupakan penggalan dari sebuah lagu anak-anak dulu. Ada lirik: Ambilkan bulan, bintang di langit, dan pelangi. Lebih lengkapnya bisa dilihat MVnya di bawah ini.



Saya takjub ketika para mantan penyanyi cilik ini kembali nongol dan bergabung bernostalgia bernyanyi bersama, apalagi lagu Selamatkan Lagu Anak ini disutradarai langsung oleh Leony, idola penyanyi cilik saya waktu masih unyu  (baca: SD)
Ada juga Kak Nunu, keyboardis yang sangat terkenal di program anak-anak Kring-kring Olala. Dan, ada Kak Ria Enes dan Susan! Susan kok kamu nggak gede-gede sih? Haha

Saya mendengar ex penyanyi cilik yang diundang untuk talk show di beberapa stasiun TV, #savelaguanak adalah bentuk kepedulian terhadap anak kecil (Gen Z dan Alpha) yang sekarang sangat jarang sekali ada lagu dengan lirik yang pas untuk anak-anak. 

Saya jadi teringat sebuah band yang menyanyikan ubahan lirik lagu anak. Lirik lagu anak tersebut diubah ke lirik dewasa dan sudah mendapatkan perizinannya dari pencipta lagunya sendiri. Judulnya Playboy Cicak dari lagu anak yang berjudul Cicak-Cicak di dinding.
Oalahh makin minim aja dong lagu untuk anak-anak? *hftt 

Makanya, saya berharap dan ikut mendoakan proyek #savelaguanak menelurkan banyak lagu untuk anak-anak. Prihatin banget nggak sih, ketika ada anak-anak mulai menyanyi lirik dewasa. Di situ ada kata: cinta, patah hati, selingkuh, ditinggalin, dipehapein, diduain, dll. Bahkan pengamen jalanan yang masih kecil pun dengan berani dan lantang melagukan lagu orang dewasa.
Sepantasnya ada anak kecil melagukan lirik anak-anak, di situ ada unsur pendidikkannya dan informasi. Kayak lagu anak-anak dulu. Bukan unsur curhat yang lebih diangkat, ya nggak sih? Mirisnya lagi, sempat ada penyanyi cilik yang melagukan lirik dewasa dan memilki fans fanatik yang begitu banyak.

Baru-baru ini saya lagi doyan banget dengerin single lagu Chandra Liow feat Devina Aurel di Youtube. (kalau sering nongkrong di Youtube pasti nggak asing banget sama mereka) Judulnya: Nggak apa-apa jelek yang penting sombong. Sebenarnya ini lagu bukan untuk anak kecil sih (baca: SD SMP) anak-anak Gen Z sekarang mah lebih lihai pakai medsos dan who's knows mereka nantinya akan melagukan lagu ini yang diciptakan sama Eka Gustiwana.
Dari judul lagunya juga cukup kekinian. Alhamdulillah-nya, liriknya nggak ada masalah ngerusak moral anak-anak. Justru lagunya pantas didengar kalangan Gen Y dan Z. Ada unsur motivasi pada lirik ini. MVnya bisa dilihat di sini

Ya, semoga nanti, industri musik atau media komersial mana pun sudi kiranya mensupport lagu yang baik-baik terutama lagu untuk anak-anak yang jarang dimediasikan sekarang. Kalau dulu ada program khusus lagu anak-anak dari Pentas Cilik, Kring-kring Olala, Dunia Anak, dll. Semoga era Gen Z dan Alpha atau seterusnya ada wadahnya sehingga masa anak-anak adalah masa yang membagiakan positif. 

*aamiinn yang kenceng*

20 komentar:

  1. aaa kak nunuu, susan, cilukba, kring2 olala, tontonanku banget ehehhehe.

    btw aku belum sempet denger lagunya kek mana yang #savelaguanak. Mamacih infonya kaka idhan:D

    sedih yah jaman kita dulu tiap minggu gamau keluar rumah sebelum jam 12 karena kartun baru habis jam segitu. kangen;")

    btw kasian anak2 gen z dan alpha yah. semoga segera banyak lagu anak yang semestinya. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum kelar kartunnya pukul 12 siang. Bener bangett apalagi langsung lihat koran yg ada jadwal film kartunnya. Kalau nggak ada di tivi itu bisa langsung pindah channel ke tivi tetangga yak fa.. ^^
      Semoga ada dan sukses lagu untuk anak2 gen Z dan Alpha ya fa.. hehe

      Hapus
  2. Akuuu ngefans sama trio kwek kwek, susan.. Ahh, serasa balik ke masa kecil dulu. Aku sampai nabung uang jajan demi beli album terbarunya trio kwek kwek, pas uangnya cukup aku langsung jalan kaki ke toko kaset. Bahagiaaaa bangett bisa punya kaset ituu. Sekarang ada Naura yg lagu-lagunya bagus untuk anak-anak. Semoga anak-anak kita masih bisa nikmatin lagu-lagu yg sesuai usia mereka ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak uci pake pintu doraemon biar bisa balik ke zaman dulu. Iyaa banget bisa beli kaset lagu dengan uang hasil nabung itu luarrr biasa bahagianya.
      Iyaa sekarang ada Naura yang baguss banget buat ditularin ke anak-anak ya ..

      Hapus
  3. Akuuu ngefans sama trio kwek kwek, susan.. Ahh, serasa balik ke masa kecil dulu. Aku sampai nabung uang jajan demi beli album terbarunya trio kwek kwek, pas uangnya cukup aku langsung jalan kaki ke toko kaset. Bahagiaaaa bangett bisa punya kaset ituu. Sekarang ada Naura yg lagu-lagunya bagus untuk anak-anak. Semoga anak-anak kita masih bisa nikmatin lagu-lagu yg sesuai usia mereka ya.

    BalasHapus
  4. Aku juga excited sama project ini idhaaaaan. Semoga bisa muncul lagi penyanyi anak yang benar2 menyanyikan lagu anak berkualitas yaaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiinn.. Iya, biar lagu untuk anak-anak ada terussss

      Hapus
  5. Kangeeen banget ya dulu banyak acara tv seru, lagu-lagu anak pun banyak. Sampe ga sadar ngoleksi banyak kasetnyašŸ˜‚ project selamatkan lagu anak ini bagus yah, semoga hasilnya memuaskan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah retno kolektor kasetttt.. mantap. Iya semoga proyeknya ini memuaskan semua pihak :)

      Hapus
  6. Aamiin !!!

    Jaman sekarang anak2 taunya lagu yang gie sendiri nggak tau, giliran diajarin lagu anak-anak jaman dulu dibilang ketinggalan jaman. mari #savelaguanak

    *note : di postingan baru gie ada mbak idhan loh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya yah payaahh. Kita dibilang ketinggalan zaman.

      Siaapp gie, siap meluncurrr

      Hapus
  7. Waa generasi aku banget niihhhh (sok muda) aku dulu sering bangett mantengi tipi cuma buat nungguin acara lagu anak2.. klo jaman sekarang rada prihatin yaah lagu anak2nyaa

    BalasHapus
  8. Miris banget sekarang susah nemu lagu anak yang pas, aku selalu nyanyiin lagu anak jadul kalo main sama Maliq. Seneng juga sih akhirnya ada yg bergerak buat nyelametin lagu anak, setidaknya ntar anak aku bisa nyanyi-nyanyi kayak kita dulu lagi.

    Btw, Sherina nggak ada, kenapaaaaa? Dulu aku suka banget fans berat Sherina :(

    BalasHapus
  9. walaupun belum lengkap semua penyanyi ciliknya tapi ikut excited sama project lagu iniii

    BalasHapus
  10. Semoga jaman anak2 kita gedean nanti udah banyak lagu2 anak berkualitas, kayak jaman kecil dulu, aamiin!!!

    BalasHapus
  11. suka miris ya mba klo lihat anak2 skrg nyanyinya lagu cinta2an :(
    padahal aku yang segede gini masih seneng banget denger lagu anak2 jaman dulu macem lagunya sherina, trio kwek2, haha.. semoga kedepannya makin banyak lagu anak yg berkualitas, aamiin :)

    BalasHapus
  12. haha jadi inget masa kecil deh, emang lagu jaman dulu lebih bagus dan menididik dibanding lagu jaman sekarang yang temanya cinta2an

    akibatnya? pergaulan bebas makin merajalela

    kunjungin balik blog aku ya bun, kolagit

    BalasHapus
  13. betul mba sudah ga ada lagu anak, dan aku y sebisa dan sehapal aku untuk kenalin lagu anak ke anakku #savelaguanak

    BalasHapus